Pernah ga lihat Photo Pofile Blackberry Messenger teman berupa Animasi bergerak? nah berikut ini cara pengaturannya (memasang & membuat):

  1. Photo Pofile Blackberry Messenger berupa animasi menggunakan file gambar dengan format GIF (.gif)
  2. Yang harus diperhatikan adalah dimensi gambar/dimensions (pixel) harus sama (lebar x panjang) cth : 100 x 100, 50 x 50
  3. Selain ukuran dimensi gambar, ukuran file/size (KByte) maksimal 28-30 KByte (berdasarkan hasil ngotak-ngatik ternyata size mempengaruhi apakan animasi tersebut bisa berjalan secara lancar atau tidak dalam Photo Pofile Blackberry Messenger, mengingat terbatasnya jumlah Memori Internal (RAM) dalam BlackBerry.

Baca juga : Perbedaan ROM – RAM – Internal Memory – Eksternal Memory – Prosessor pada Ponsel (BlackBerry) :p

MEMPEROLEH & RESIZE GAMBAR ANIMASI (GIF)

File Gif Animation yang sudah jadi bisa anda peroleh dari googling atau membuatnya sendiri. Biasanya Animasi yang ada (hasil browsing) ukurannya tidak simetris, sehingga jika langsung dipasang pada Photo Pofile Blackberry Messenger  tidak bisa/tidak proporsional, hal itu karena bingkai/frame Photo Pofile Blackberry Messenger simetris (kalo bt foto biasa sih ga masalah karena akan memotong/crop foto untuk sesuai standar bingkai/frame).

Solusinya adalah resize dimensi Gif Animasi, caranya gampang kok bisa menggunakan aplikasi yang terinstal pada PC atau secara online, saya merekomendasikan >> http://www.smiliegenerator.us/gifresize/ karena mudah digunakan & ga usah install aplikasi hehehehe… tinggal pilih file langsung dari PC (upload image), Scaling Factor dibikin manual, manual size tinggal masukan size (pixel)  simetris yg diinginkan & download.

Kalo masih ada masalah juga gambar animasi masuk & sudah proporsional tapi kok ga gerak? nah itu karena keberatan size nya (kan maksimal 27-30 KByte) mau ga mau di resize sampai mendekati ukuran 28-30 KByte (biasanya ukuran manual size yg paling aman & masih terlihat 50 x 50 Pixel) tapi tergantung jumlah “layer” dalam file Gif

CARA BIKIN GAMBAR ANIMASI (.GIF) SENDIRI

Kalo Mau bikin GIF sendiri dari foto2 kita juga bisa kok, bahkan langsung dari BlackBerry anda (tp lemot)… nih coba bikin di http://gickr.com/upload_files >>> (klik disini) trus caranya tinggal upload foto (maksimal 10 layer/slide) dipilih ukuran dimensionnya dan kecepatan slidenya, trus klik continue jadi deh & siap disedot…… kalo ga simetris jgn lupa di resize dimensions di http://www.smiliegenerator.us/gifresize >>> (klik disini) kalo udah jadi coba deh pasang di PP BBM :p

Semoga membantu…….. >>> follow my twit @jogjaGENIC

About these ads